JudulHUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TARIPA |
Nama: IREN VIONITA MEHINGKO |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Iren Vionita Mehingko, (2021). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 1 Taripa, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Herlina, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Taripa Kecamatan Pamona Timur Kabupaten Poso. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V di SD Negeri 1 Taripa yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan 2 teknik yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan maksud untuk memberikan gambaran Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 1 Taripa. Dengan menggunakan persentase persen (%) kemudian di narasikan untuk mengambil kesimpulan. Berdasarkan data yang ditemukan dalam penelitian ini, hasil analisis korelasional yang di konsultasikan pada taraf signifikan 95% atau =0,05), di peroleh r hitung r tabel yaitu 0,450 0,444. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) di terima dan hipotesis nol (H0) di tolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri 1 Taripa. Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa |