Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA YANG DIUKUR MENGGUNAKAN SOAL PILIHAN GANDA BERALASAN KELAS 5 SDN MAMPING
Nama: YULPIA SAMADURI
Tahun: 2021
Abstrak
Yulpia Samaduri. 2021. Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Yang Diukur Menggunakan Soal Pilihan Ganda Beralasan Kelas 5 SDN Mamping. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Huber Yaspin Tandi Telah dilakukan penelitian mengenai analisis pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ipa yang diukur menggunakan soal pilihan ganda beralasan kelas 5 SDN Mamping. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA di SDN Mamping yang diukur menggunakan soal pilihan ganda beralasan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas 5 SDN Mamping yang berjumlah 10 siswa, instrumen dalam penelitian ini adalah berupa lembaran soal pilihan ganda beralasan yang berjumlah 10 nomor, analisa data dalam penelitian ini yaitu siswa diberikan soal tes pilihan ganda beralasan, menentukan skor pada jawaban berdasarkan kategori pemahaman, menghitung skor total siswa dengan menjumlahkan skor masing-masing soal untuk setiap siswa, mengolah skor yang diperoleh siswa dalam bentuk presentase, menghitung presentase pemahaman konsep siswa berdasarkan masing-masing kategori, menentukan kriteria pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis pemahaman konsep siswa kelas 5 terhadap pokok bahasan pentingnya udara bersih bagi pernapasan menunjukan sebanyak 50 % siswa yang memahami konsep, 12 % siswa yang mengalami miskonsepsi dan 38 % yang tidak memahami konsep. Kata Kunci: Analisis, Pemahaman Konsep, Pilihan Ganda Beralasan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up