Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SD
Nama: NIRVANI OKTAVIA TADUGU
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Nirvani Oktavia Tadugu, 2020. Pengembangan Modul Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Bulat Berbasis Kontekstual Pada Siswa Kelas VI SD.Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakulktas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mufidah, S.Pd.,M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk menguji kevalidan dan kepraktisan modul pembelajaran penjumlahan bilangan bulat bebasis kontekstual pada siswa kelas VI SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Adapun prosedur pengembangan modul hanya menggunakan 7 tahap yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan data; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan draff produk; 4) Uji lapangan awal; 5) Revisi hasil uji coba lapangan awal; 6) Uji coba lapangan utama dan 7) Penyempurnaan hasil uji coba lapangan utama. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Data-data tersebut diperoleh dari tiga sekolah yaitu, SD Satap Baku-bakulu, SDN Tongoa Samporoa dan SD BK Dongi-dongi, dan di setiap sekolah peneliti melibatkan 4 siswa kelas VI. Validasi produk berdasarkan 2 aspek yaitu materi dan media. Berdasarkan hasil validasi modul pembelajaran yang dikembangkan diperoleh hasil validasi media 3,61 (Baik) dan validasi materi 4,14 (Baik) yang mengindikasikan bahwa modul yang dikembangkan valid digunakan. Adapun produk berdasarkan hasil uji coba lapangan utama untuk menguji kepraktisan modul digunakan angket untuk melihat respon siswa dan guru. Hasil uji coba lapangan utama pada siswa diperoleh nilai rata-rata 4,17 (Baik) dan pada guru diperoleh nilai rata-rata 4,45 (Sangat Baik). Dengan demikian berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan utama dapat diketahui bahwa modul pembelajaran penjumlahan bilangan bulat berbasis kontekstual valid dan praktis sehingga layak digunakan oleh siswa kelas VI SD. Kata kunci: Pengembangan, Modul, Penjumlahan, Bilangan Bulat, Kontekstual

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up