JudulPERANAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS III SDN BAMBALEMO |
Nama: TITIS EL-DESYA RAMADHANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Titis El-Desya Ramadhani, 2020. Peranan Bimbingan Belajar Orang Tua terhadap Prestasi Belajar di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas III SDN Bambalemo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Hasil observasi peneliti menemui masalah di SDN Bambalemo bahwa prestasi belajarnya rendah karena kondisi dari orang tua siswa itu sendiri. Orangtua siswa yang mayoritas memiliki mata pencaharian sebagai buruh, tani, berkebun, sopir dan nelayan kurang memiliki waktu untuk memperhatikan anaknya. Kurangnya waktu yang dimiliki oleh orangtua adalah salah satu penyebab. Adapun subjek yang diambil dalam penelitian ini yaitu 26 orang tua siswa yang berada di kelas III SDN Bambalemo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan teknik dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik presentase. Hasil analisis deskriptif bagaimana peranan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas III SDN Bambalemo bahwa dari 26 orang tua siswa, terdapat 11 orang tua atau 42,30% yang memberikan peranan bimbingan belajar kepada anak tergolong sangat tinggi, terdapat 14 orang tua atau 53,85% yang memberikan peranan bimbingan belajar tergolong tinggi, terdapat 1 orang tua atau 3,85% yang memberikan peranan bimbingan belajar kepada anak tergolong sedang, dan tidak ada orang tua yang memberikan peranan bimbingan belajar tergolong rendah. Hasil angket di peroleh bahwa dari 26 orang tua siswa, terdapat 11 orang tua siswa atau 42,30% yang memberikan peran bimbingan belajar terhadap prestasi kepada anak tergolong sangat tinggi, terdapat 14 orang tua atau 53,85% yang memberikan motivasi kepada anak tergolong tinggi, terdapat 1 orang tua atau 3,85% yang memberikan bimbingan belajar kepada anak tergolong sedang dan tidak ada orang tua yang memberikan peran bimbingan belajar terhadap prestasi kepada anak tergolong rendah. Kata Kunci : Peranan Bimbingan Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa Kelas III. |