JudulPERANAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN PEONEA |
Nama: FRANISSIA GABRIELLA TOLIBU |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Franissia Gabriella Tolibu, (2020). “Peranan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV di SDN Peonea”. Skripsi, program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Rizal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SDN Peonea, bagaimana tingkat prestasi belajar siswa kelas IV di SDN Peonea, serta bagaimana peranan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SDN Peonea. metode dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. deskriptif kualitatif yaitu rangkaian kegiatan untuk memperoleh data yang bersifat apa adanya tanpa ada dalam kondisi tertentu yang hasilnya lebih menekankan makna. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Peonea yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner angket, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kinerja guru adalah 75% (sangat tinggi) sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 63 % (tinggi). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya peranan kinerja guru dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN Peonea. Kata kunci : peranan kinerja guru, prestasi belajar siswa kelas IV |