JudulHUBUNGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI PEONEA |
Nama: TIA INESLI BAELO |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kemampuan Berkomunikasi Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SD Negeri Peonea. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode korelasional. Korelasi bertujuan untuk mengukur sejauh mana keterkaitan antara variabel Hubungan Kemampuan Berkomunikasi Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri Peonea. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru kelas V dan seluruh siswa kelas V di SD Negeri Peonea yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari penelitian ini digunakan 2 teknik yaitu teknik deskriptif dan teknik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari data keseluruhan kemampuan berkomunikasi guru dengan nilai yang diperoleh adalah 88 atau masuk dalam kategori klasifikasi sangat baik. Sedangkan dari data keseluruhan prestasi belajar siswa dengan nilai yang diperoleh adalah 81 atau masuk dalam kategori klasifikasi sangat baik. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan berkomunikasi guru dengan prestasi belajar siswa maka dikonsultasikan pada taraf signifikan ?=0,05 dengan kriteria pengujiannya itu apabila r hitung > r table, maka Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan data yang ditemukan dalam penelitian ini, bahwa analisis korelasional yang dikonsultasikan pada taraf signifikan ?=0,05 diperoleh r hitung > r table atau 0,543 > 0,497. Artinya Ha (hipotesis alternatif) diterima dan Ho (hipotesis nol) ditolak. Jadi dapat di simpulkan bahwa ada hubungan antara kemampuan berkomunikasi guru dengan prestasi belajar siswa kelas V di SD Negeri Peonea. |