JudulPERANAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD INPRES 3 KASIMBAR |
Nama: NURFADILA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Nurfadila, 2021. Peranan Guru Terhadap Minat Belajar Siswa PadaMataPelajaran Matematika Kelas IV Di SD Inpres 3 Kasimbar, Skripsi Program StudiPendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, UniversitasTadulako, Pembimbing (1) Mufidah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SD inpres 3 kasimbar.Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres 3 Kasimbar. Sampel penelitian ini berjumlah 25 orang yang terdiri dari 1 guru dan 23 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitianiniyaitu observasi,wawancara,angket,dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru kelas IV di SD Inpres 3 Kasimbar sudah baik di klasifikasikan sangat tinggi. Hal tersebut memengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika dilihat dari tercapainya indikator peranan guru ; 1). Mendidik, memberikan arahan dan motivasi siswa; 2). Memberifasilitas, memberikan bahan ajar; 3). Membantu aspek-aspek pribadi siswa, mengajarkan berbuat baik untuk selaluberkata jujurMinat belajar siswa kelas IV di SD Inpres 3 Kasimbar di klasifikasikan sangat tinggi, dilihat dari tercapainya tujuh indikator minat belajar siswa; 1). Kesiapan siswamenyiapkan alat tulis dan mengikuti proses pembelajaran; 2). Kehadiran siswa, selalu hadir tepat waktu sebelum pembelajaran dimulai; 3). Kemampuan dalam menjawab pertanyaan, siswa berusaha menjawab pertanyaan dari guru; 4). Semangat siswa dalam menjawab pertanyaan, dalam menjawab pertanyaan siswa sangat bersemangat karena materi dalam proses pembelajaran yang begitu menarik; 5). Perhatian siswa dalam pembelajaan, siswa selalu memperhatikan pembelajaran dan menanyakan materi yang belum dipahami; 6). Ketekunan mengerjakan soalsoal, siswa mampu menjawab pertanyaan dengan mandiri tanpa bantuan orang lain; 7). Rasa ketertarikan menjawab pertanyaan, siswa berberusaha sendiri dalam mengerjakan pertanyaan untuk mendapatkan jawaban yang benar. Kata Kunci : Peranan Guru Dan Minat Belajar Siswa |