Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SD
Nama: ANGGUN MANDASARI S. LAMANDO
Tahun: 2020
Abstrak
Anggun Mandasari S. Lamando, 2020. Pengembangan Modul Pembelajaran Pembagian Bilangan Bulat Berbasis Kontekstual Pada Siswa Kelas VI SD. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Imu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Mufidah, S.Pd., M.Pd Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan modul pembelajaran pembagian bilangan bulat berbasis kontekstual pada siswa kelas VI SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini hanya menggunakan 7 tahap, yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan data; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan draft produk; 4) Uji lapangan awal; 5) Revisi hasil uji coba lapangan awal; 6) Uji coba lapangan utama; dan 7) Penyempurnaan hasil uji coba lapangan utama. Penelitian ini dilakukan ditiga sekolah yaitu, SDN Olaya, SDN Trans Olaya, dan SDN Pombalowo. Setiap sekolah peneliti melibatkan 4 siswa kelas VI. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media diperoleh rata-rata 4.22 dengan kriteria “Sangat Baik” yang mengindikasikan bahwa modul yang dikembangkan valid digunakan. Berdasarkan hasil angket respon siswa dan guru pada uji coba lapangan utama diperoleh nilai rata-rata siswa 4.54 dengan kriteria “Sangat Baik”, dan guru diperoleh nilai rata-rata 4.35 dengan kriteria “Sangat Baik” yang mengindikasikan bahwa modul yang dikembangkan praktis digunakan. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan utama dapat diketahui bahwa modul pembelajaran pembagian bilangan bulat berbasis kontekstual valid dan praktis sehingga layak digunakan oleh siswa kelas VI SD. Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Pembagian, Bilangan Bulat, Kontekstual

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up