JudulPERAN GURU TERHADAP MEMBINA KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING SD INPRES 4 LOLU |
Nama: ROSFIANI RARA RAPANG |
Tahun: 2021 |
Abstrak Rosfiani Rara Rapang, 2020. Peran Guru dalam Membina Karakter Siswa dalam pembelajaran daring di SD Inpres 4 Lolu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Huber Yaspin Tandi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru terhadap pembinaan karakter siswa di SD Inpres 4 Lolu, untuk mengetahui faktor penghambat dalam pembinaan karakter siswa di SD Inpres 4 Lolu. Penelitian ini menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu 20 orang siswa teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Dalam pembinaan karakter siswa yaitu, mengunakan pendekatan keteladanan dan membiasakan karakter disiplin,religius, mandiri, tanggung jawab, gemar membaca dan peduli lingkungan. Faktor penghambat peran guru dalam membina karakter siswa yaitu : Adanya wabah penyakit corona, pengaruh pergaulan teman sebaya dilingkungan tempat tinggal siswa , terbatasnya komunikasi antara orang tua siswa dan siswa dikarenakan faktor ekonomi dan terlalu asik dengan gadget pribadi. Dan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: peran guru terhadap membina karakter siswa di SD Inpres 4 Lolu dalam pembelajaran daring dari jumlah 20 responden siswa yang dapat dilihat dari persentase dapat disimpulkan masuk dalam kategori sangat tinggi. Kata Kunci : Peran Guru. Pembinaan Karakter The purpose of this study was to determine the role of teachers in character building for students at SD Inpres 4 Lolu, to determine the inhibiting factors in character building for students at SD Inpres 4 Lolu. This study used a qualitative descriptive research model. The research subjects were 20 students. The data collection techniques used were interviews, questionnaires, observation and documentation. In fostering student character, namely, using an exemplary approach and getting used to the character of discipline, religion, independence, responsibility, likes to read and cares for the environment. The inhibiting factors for the role of the teacher in fostering student character are: The presence of a corona disease outbreak, the influence of peer interaction in the student's environment, limited communication between parents and students due to economic factors and too cool with personal gadgets. And the results showed that: the role of the teacher in fostering the character of students at SD Inpres 4 Lolu in online learning from a total of 20 student respondents which can be seen from the percentage it can be concluded that they fall into the very high category Keywords: Teacher Role. Character Building |