JudulAnalisis Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar SBdP Siswa Kelas IV SDN Lobut Di Masa Covid-19 |
Nama: WITRI EVAYANTI R. NASIEF |
Tahun: 2022 |
Abstrak Witri Evayanti R. Nasief (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar SBdP siswa kelas IV SDN Lobuton. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako dosen pembimbing 1: Yun Ratna lagandesa Permasalahan dalam penelitian ini yaitu keterbatasan penggunaan alat media pembelajaran terhadap hasil belajar SBdP siswa kelas IV SDN Lobuton. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis penggunaan media pembelajarn terhadap hasil belajar SBdP siswa kelas IV SDN Lobuton pada masa covid 19. Metode penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan naturalistic. subjek penelitian adalah guru wali kelas IV dengan jumlah siswa 13 orang. Teknik pengumpulan analisis data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran pada proses belajar menggunakan buku dengan metode ceramah. Penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar sangat rendah dan kurang efektif dengan nilai 72-85 adalah 6 orang dengan presentase sebesar 46,15?n yang memperoleh nilai 60-70 adalah 7 orang dengan presentase sebesar 53,85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang digunakan tidak berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa. Kata kunci : hasil belajar, media pembelajaran |