JudulKesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Di Kelas V SD Inpres 5 Birobuli |
Nama: FEBRIANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas V SD Inpres 5 Birobuli dalam menyelesaikan soal matematika pecahan, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas V SD Inpres 5 Birobuli melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. masalah pecahan. Prosedur analisis yang digunakan adalah prosedur Newman yaitu membaca masalah, memahami masalah, mentransformasikan masalah, keterampilan mengolah, dan menulis jawaban akhir. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan desain penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumen. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas 5B SD Inpres 5 Birobuli. Validitas data melalui validitas instrumen, reliabilitas instrumen, dan tringulasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan kesalahan dengan persentase kesalahan membaca sebesar 19%. 72% error memahami masalah. Kesalahan transformasi 100%. 75% kesalahan keterampilan pemrosesan. Kesalahan penulisan jawaban akhir adalah 83%. |