JudulAnalisa Pengelolaan Pembelajaran Guru Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 15 Dampelas |
Nama: NI NYOMAN MEIS INDRIANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Ni Nyoman Meis Indriani, 2020. Pengelolaan Pembelajaran Guru di Masa Pandemi Covid 19 Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 15 Dampelas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran guru di masa pandemi covid 19 pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 15 Dampelas. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunkan metode deskriptif yaitu suatu metode yang digunakan untuk memaparkan, mengolah, dan menganalisis data sesuai dengan fakta. Hasil jawaban dan persentase yang di peroleh dari hasil angket memberikan gambaran tentang pembelajaran guru di masa pandemi covid 19 kelas IV di SDN 15 Dampelas. Pada butir guru menggunakan bahasa yang baik dan tidak pernah menyakitkan perasaan anak didiknya diperoleh 13 orang siswa atau 52% menjawab selalu, 12 orang menjawab sering. Hal ini dilihat langsung oleh peneliti saat melakukan penelitian di kelas IV SDN 15 Dampelas. Saat proses belajar dikelas guru memberikan arahan untuk siswa belajar dengan rajin mengarahkan. Kemudian berdasarkan analisis yang telah dilakukan bahwa dari 25 siswa terdapat 14 orang siswa atau 56% menyatakan selalu, terdapat 11 orang siswa atau 44% menyatakan sering, bahwa dalam proses belajar dikelas guru mengarahkan siswa untuk rajin belajar baik disekolah maupun dirumah. Keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal. Keterampilan yang Berhubungan dengan Pengembangan Kondisi Belajar yang Optimal. Setelah melaksanakan proses pembelajaran guru juga melakukan penilaian secara objektif kepada siswa dan sesuai kemampuan yang dilakukan pada proses pembelajaran. Kata Kunci: Pengelolaan Pembelajaran Guru, Pembelajaran IPS Masa Pandemi Covid-19. |