Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulINOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES I LERE
Nama: NIRMAWATI
Tahun: 2022
Abstrak
Nirmawati, 2021. Inovasi Guru dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Inpres I Lere. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Inovasi Guru Dalam Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD Inpres I Lere. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV di SD Inpres I Lere dengan jumlah total 20 siswa perempuan dan laki-laki. Nilai rata- rata jawaban responden terhadap angket yaitu sebesar 54% siswa yang menjadi responden menjawab sangat setuju, 24% siswa yang menjadi responden menjawabsetuju, 15% siswa yang menjadi responden menjawab kurang setuju, dan 7% siswa menjawab tidak setuju. Dari hasil yang diperoleh maka inovasi pembelajaran gurukelas IV SD Inpres I Lere pada pembelajaran IPS masuk dalam kategori baik. Inovasi yang diterapkan guru SD Inpres I Lere sudah menggambarkan sejauh mana pengadaan perubahan yang berdasarkan situasi dan kondisi saat ini dengan langkah-langkah yang teratur dengan memanfaatkan bahan-bahan atau media yang ada. Bimbingan yang diberikan gurumendorong dan mengarahkan siswa untuk belajar, mengajukan pertanyaan, mencari penyelesaian terhadap masalah yang diperoleh oleh siswa sendiri. Siswa juga belajar untuk menyelesaikan tugas-tugas-nya secara mandiri dengan memanfaatkan media dengan bijaksana. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring dan luring, yang menyesuaikan dengan keadaan. Guru melakukan pemetaan sebaran siswa berdasarkan alamatnya untuk membagi siswa. Proses belajar mengajar kemudian dilakukan dalam kelompok kecil supaya bisa lebih efektif dan tetap mematuhi protokol yang ada. Kata Kunci: Inovasi Guru, Pembelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up