JudulKesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita FPB Dan KPK Di Kelas V SDN 1 Ogotumubu |
Nama: JUMRIA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Jumria. 2020. Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita FBP dan KPK di Kelas V SDN 1 Ogotumubu. Skripsi, program studi strata satu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Mufidah, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung FPB dan KPK di kelas V SDN 1 Ogotumubu. Prosedur yang digunakan untuk menganalisis kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman, yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Jenis penelitian ini adalah penilitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara dan dokumentasi dengan subjek penelitian berjumlah 14 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis model Milles dan Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triagulasi metode. Sementara pada hasil penyelesaian soal cerita operasi hitung FPB dan KPK, siswa melakukan kesalahan membaca sebanyak 21 kali, kesalahan memahami masalah sebanyak 19 kali, kesalahan transformasi sebanyak 32 kali, kesalahan proses perhitungan sebanyak 38 kali, dan 41 kali kesalahan jawaban akhir. Kata kunci: Kesalahan Kata Matematika, FPB dan KPK, Kesalahan Siswa |