JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SBdP SISWA KELAS V SDN 1 SINDUE DI MASA PANDEMI COVID-19 |
Nama: IIN KURNIA PUTRI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Iin Kurnia Putri (2021). “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas V SDN 1 Sindue di Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I : Yun Ratna Lagandesa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar pada mata pelajaran SBdP siswa kelas V SDN 1 Sindue di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment ( Eksperimen Semu). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Sindue yang berjumlah 20 orang. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBdP kelas V di SDN 1 Sindue pada kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media Audio Visual memperoleh nilai ratarata post test = 91.88 dan hasil belajar siswa kelompok kontrol yang diberi perlakuan menggunakan metode konvensional memperoleh nilai rata-rata post test = 80.00. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh thitung > ttabel 3.701 > 1.734 dengan taraf signifikan 0,05 yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Audio Visual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas V SDN 1 Sindue di Masa Pandemi Covid-19. Kata kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar Siswa |