Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 9 SINDUE TOMBUSABORA PADA MASA PENDEMI COVID-19
Nama: VADIL MUHAMAD
Tahun: 2022
Abstrak
Vadil Muhamad. 2022. Analisis Kimpetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN 9 Sindue Tombusabora Pada Masa Pendemi COVID-19. Skripsi Program Studi Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembibing; Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kopetensi profesional guru dalam pembelajaran tematik di kelas IV SDN 9 sindue tombusabora pada masa pendemi COVID-19 penelitian ini dilakukan pada bulan maret 2022 di SDN 9 Sindue Tombusabora Pada guru kelas IV. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah fenomenologi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi bersama guru kelas IV SDN 9 sindue tombusabora. Hasil penelitian menujukkan bahwa guru kelas IV SDN 9 Sindue Tombusabora Menguasai materi, struktur, dan konsep keilmuan yang mendukung pembelajaran pada masa pendemi COVID-19, menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar pembelajaran, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, dan memanfaatkan teknologin informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri pada masa pendemi COVID19. Namun, guru kelas IV SDN 9 Sindue Tombusabora masih kuran dalam mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif dikerenakan terhambat oleh sarana dan prasarana akibat adanya pendemi COVID-19. Dalam pembelajaran tematik, guru kelas IV SDN 9 Sindue Tombusabora melakukan pembelajaran yang Berpusat pada Siswa, memberikan pengalaman langsung kerena siswa belajar dari rumah masing-masing yang didampingi oleh orang tua, pemisahan mata pelajaran samar dan bersifat fleksibel. Pembeajaran yang dilakukan tidak dapat mengunakan prinsip belajar sambil bermain dan prinsip pembelajaran yang menyenangkan kerena siswa hanya melakukan pembelajara sendiri dirumah dan guru kelas IV SDN 9 Sindue Tombusabora tidak melakukan pengembangan materi untuk menjadikan pembelajaran yang menyenangkan serta sambil bermain. Sebagai seorang guru harus dapat menguasai aspek-aspek yang ada dalam kompetensi guru tersebut dalam kondisi pembelajaran secara tatap muka maupun pembelajaran secara jarak jauh. Dari hasil penelitian ini, diharapkan guru terus meningkatkan professionalitas seorang guru baik secara daring maupun luring. Kata Kunci : Analisis, kompetensi profesioanal guru, pembelajaran tematik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up