Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Kelas V SDN 1 Ogotumubu
Nama: SYAHRIL
Tahun: 2020
Abstrak
Syahril, 2020. Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat di Kelas V SDN 1 Ogotumubu. Skripsi, program studi strata satu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Mufidah, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan bulat di kelas V SDN 1 Ogotumubu. Prosedur yang digunakan untuk menganalisis kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah penilitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara dan dokumentasi dengan subjek penelitian berjumlah 14 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis model Milles dan Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triagulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan kesalahan subjek terdapat pada setiap butir soal dengan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat terbagi menjadi 5 jenis kesalahan yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan proses perhitungan, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Adapun jumlah dari setiap jenis kesalahan diantaranya adalah, kesalahan membaca sebanyak 8 kali, kesalahan memahami 31 kali, kesalahan transformasi 29 kali, kesalahan perhitungan 30 kali, dan kesalahan penulisan jawaban 2 kali. Jadi, jenis kesalahan terbanyak dilakukan adalah kesalahan memahami, kesalahan transformasi, dan kesalahan perhitungan. Kata Kunci: Kesalahan Kata Matematika, Bilangan Bulat, Kesalahan Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up