JudulANALISIS PERAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES 3 TONDO |
Nama: ANDIANUS WASIANGGE |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Andianus wasiangge (2024). Analisis Peran Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: surahaman . Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 3 Tondo dan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres 3 Tondo dan sampel dalam penelitian ini adalah guru kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki peran terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi dan wawancara dengan guru. Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan cara memberi bimbingan dan mengarahkan siswa, serta memberikan metode-metode belajar yang beragam. Dari observasi yang dilakukan oleh peneliti, guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan pembelajaran yang semestinya. Kata kunci : Peran Guru dan Hasil Belajar |