JudulHUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DIRUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 7 SINDUE TOBATA |
Nama: NUR IFANA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nur Ifana, 2022. Hubungan Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas V SDN 7 Sindue Tobata . Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tadulako, Pembimbing: Rizal. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 7 Sindue Tobata kelas V Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah. Permasalahan pokok penelitian adalah masih belum lengkapnya fasilitas belajar di rumah siswa SDN 7 Sindue tobata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi IPS SDN 7 Sindue Tobata. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam proses penelitian adalah angket untuk memperoleh data tentang fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Analisis data penelitian dengan teknik persentase, sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product moment pada taraf signifikasi ????95%. Berdasarkan hasil deskripsi telah di peroleh 66% penggunaan fasilitas belajar tinggi, 34% penggunaan fasilitas belajar cukup. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa pada bidang studi IPS memililiki prestasi yaitu 24% siswa yang memiliki prestasi belajar baik sekali, 76% siswa yang memiliki prestasi belajar baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi IPS SDN 7 Sindue Tobata. Kata kunci : Hubungan Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar IPS Siswa |