JudulPERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SBDP KELAS V SDN AMPORIWO |
Nama: RIDWAN NGGEGO |
Tahun: 2022 |
Abstrak Ridwan Nggego, 2021. Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP Kelas V SDN Amporiwo. Skripsi, Program Studi Pendidikann Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Yun Ratna Lagandesa Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP Kelas V SDN Amporiwo. Pengumpulan datapenelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran SBdP kelas V SDN Amporiwo, Dari permasalahan tersebut akan tampak bahwa data yang dibutuhkan di ambil dari lapangan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket,wawancara dan dengan dokumentaasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpualan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan akumulasi presentase tertinggi sebesar 65% untuk jawaban tertinggi dengan subjek penelitian sebanyak 20 responden dengan latar belakang masalah peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Amporiwo, sehingga dapat disimpulkan bahwa Guru kelas V SDN Amporiwo sering memainkan perannya secara optimal dalam memotivasi siswanya belajar. Kata Kunci : Peran Guru dan Motivasi Belajar |