Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Di Kelas V SDN Kele'i
Nama: NOVLIN WIDYAWATI DJOENGKADJU
Tahun: 2021
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas V SDN Kele’i melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kele’i yang berjumlah 19 siswa. Dalam penelitian ini digunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa Jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas V SDN Kele’i dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan analisis kesalahan Newman terdiri dari 5 kesalahan, yaitu kesalahan membaca (reading errors), kesalahan memahami (comprehension errors), kesalahan tranformasi (transformation errors), kesalahan keterampilan proses (process skill errors), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding errors). Kesalahan terbesar dilakukan pada tahap keterampilan proses yaitu sebanyak 100% sedangkan kesalahan terkecil dilakukan pada tahap membaca yaitu sebanyak 16%. Hasil perhitungan persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal ceita pecahan, yaitu persentase kesalahan membaca yang dilakukan siswa sebesar 16%. Persentase untuk kesalahan memahami sebesar 75%. Persentase untuk kesalahan transformasi sebesar 91%. Persentase untuk kesalahan keterampilan proses sebesar 100%. Persentase untuk kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 92%. Selain itu, persentase kesalahan total siswa adalah 75%. Adapun faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan berdasarkan prosedur Newman. Kata Kunci: Kesalahan Kata Matematika, Kesalahan Siswa, Pecahan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up