JudulKesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas V Di SDN Inti Pangi |
Nama: KHAIRUNNISA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas V SDN Inti Pangi melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Inti Pangi, yang berjumlah 18 siswa. Dalam penelitian ini digunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpula data dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumen. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis data Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Berdasarkan hasil analsis data, siswa memiliki kemampuan memahami materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang masih rendah. Hal tersebut ditunjukan dari hasil perhitungan persentase kesalahan membaca sebesar 42%, kesalahan memahami sebesar 80%, kesalahan transformasi sebesar 89%, kesalahan keterampilan proses sebesar 89%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 86%. Total kesalahan yang dilakukan siswa diperoleh sebesar 63%. Kata Kunci : Kesalahan Kata Matematika, Bilangan Bulat, Kesalahan Siswa |