Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita FPB Dan KPK Di Kelas V SDN 2 Tolitoli
Nama: SRI FAUZIAH
Tahun: 2021
Abstrak
Sri Fauziah, 2020. Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita FPB dan KPK di Kelas V SDN 2 Tolitoli. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mufidah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis kesalahan dan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa kelas V dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi FPB dan KPK. Prosedur analisis yang digunakan adalah prosedur Newman yaitu membaca masalah, memahami masalah, mentransformasikan masalah, keterampilan mengolah, dan menulis jawaban akhir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, analisis dokumen, dan wawancara dengan teknik analisis data menggunakan model analisis Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan kesalahan pada setiap item dengan berbagai jenis kesalahan, yaitu kesalahan memahami 62%, kesalahan transformasi 18%, kesalahan keterampilan proses 40?n kesalahan penulisan jawaban akhir 64%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa masih banyak siswa kelas 5 SDN 2 Tolitoli yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi FPB dan KPK. Kata Kunci : Kesalahan Siswa, Penyelesaian Soal Matematika, FPB dan KPK

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up