JudulFaktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS SDN Bobo |
Nama: SINTYA PUTRI ANJANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Sintya Putri Anjani (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS SDN Bobo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca siswa pada mata pelajaran IPS yang terlihat dari sedikitnya siswa yang mengunjungi perpustakaan saat waktu luang, padahal minat baca yang tinggi memegang peranan penting untuk memperoleh keterampilan membaca. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi minat baca siswa pada mata pelajaran IPS dan untuk mendeskripsikan faktor yang paling besar memengaruhi minat baca siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN Bobo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Bobo yang berjumlah 162 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu teknik penarikan sampel dengan teknik nonprobability sampling. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bobo yang berjumlah 29 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa faktor-faktor yang memengaruhi minat baca siswa terdiri atas faktor, faktor dalam diri siswa, lingkungan keluarga, faktor kurikulum dan pendidikan sekolah yang kurang kondusif, faktor infrastruktur masyarakat yang kurang mendukung peningkatan minat baca masyarakat. Adapun hasil penelitian terhadap empat faktor yang memengaruhi minat baca dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor yang paling besar memengaruhi minat baca siswa SDN Bobo yaitu faktor kurikulum dan pendidikan sekolah yang kurang kondusif yaitu sebesar 92,085 % Kata kunci : Minat Baca, Mata Pelajaran IPS |