JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA VIDEO DI KELAS IV SDN TOOLON |
Nama: RONALDI MOILATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Ronaldi Moilati.2021. “Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen berbantuan Media video pada Kelas IV SDN Toolon”. Skiripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Abdul Rahman. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode Eksperimen berbantuan media video pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Toolon. Terdiri dari 5 fase pembelajaran yaitu : (1) pemberian rangsangan, (2) eksplorasi, (3) konfirmasi, (4) penarikan kesimpulan, dengan desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi 4 komponen yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian TIndakan Kelas, yang dilakukan dalam dua siklus dengan subyek siswa kelas IV SDN Toolon dengan jumlah siswa 11 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Hasil ulangan harian diperoleh kentuntasan belajar klasikal sebesar 27,27%. Selanjutnya penelitian siklus I diperoleh ketuntasan belajara klasikal sebesar 54,55%, adapun dari hasil observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru pada siklus I masing-masing pada kategori cukup. Sementara hasil penelitian pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 81,81%. Adapun dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru pada siklus II dalam kategori sangat baik. Kata kunci : Metode Pembelajaran Eksperimen, Media Video , Hasil Belajar IPA. |