JudulMeningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Media Video Di Kelas VA SD Inpres 1 Tanamodindi |
Nama: NILUH GEDE YULIANTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Niluh Gede Yulianti, 2020. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Media Video Di Kelas VA SD Inpres I Tanamodindi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Abdul Rahman Latar belakang dari penelitian ini adalah hasil belajar IPA yang masih rendah atau berada dibawah KKM, yaitu 57,1% atau 16 siswa masih berada di bawah KKM. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu apakah ada peningkatan hasil belajar IPA pada pembelajaran online dengan menggunakan media video di kelas VA SD Inpres I Tanamodindi?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan dari penggunaan media video terhadap hasil belajar IPA pada pembelajaran online di kelas VA SD Inpres I Tanamodindi. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA SD Inpres I Tanamodindi dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 17 siswi perempuan dan 11 siswa laki-laki. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc.Taggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes dan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh siklus 1 sebesar 67,85?n di siklus 2 diperoleh hasil belajar sebesar 85,71%. Sehingga dapat diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA pada pembelajaran online dengan menggunakan media video di kelas VA SD Inpres 1 Tanamodindi. Kata Kunci : Media Video, Hasil Belajar IPA. Niluh Gede Yulianti, 2020. Improving Natural Science Learning Outcomes in Online Learning using the Media of Video in Class VA SD Inpres I Tanamodindi. Skripsi. Elementary School Teacher Education Study Program, Education Science Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University. Supervised by Abdul Rahman. The research problem was natural science learning outcomes are still low or below the minimum completeness criteria of 57.1% or about 16 students. This research aims to find out the increase in the use of video media on natural science learning outcomes in online learning in class VA SD Inpres I Tanamodindi. The total subjects in this research were 28 students consist of 17 female students and 11 male students. It is a qualitative research type using a classroom action research method with the research design by Kemmis and Mc.Taggart. Data were collected through tests and observation sheets. The results of the research show that the learning outcomes in cycle 1 were 67.85% and the increase in cycle 2 is 85.71%. Therefore, it can be concluded that there is an increase in natural science learning outcomes in online learning using the media of video in Class VA SD Inpres I Tanamodindi. Keywords: Video Media, Natural Science Learning Outcomes. |