Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS DISIPLIN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KELAS IV SDN TANAMODINDI
Nama: SALIHIN
Tahun: 2022
Abstrak
Shalihin, 2022. Analisis Disiplin Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring di Kelas IV SDN Tanamodindi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Disiplin Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Kelas IV SDN TANAMODINDI. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tanamodindi dengan jumlah total 54 siswa yang terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan. Penelitian ini adalah penelitian studi analisis dimana peneliti ingin melihat disiplin belajar siswa dalam pembelajaran daring di kelas IV SDN Tanamodindi. Disiplin belajar siswa dalam pembelajaran daring di kelas IV SDN Tanamodindi masuk dalam kategori yang sagat baik dimana guru selalu melakukan koordinasi dan komunikasi yang baik kepada siswa dalam proses pembelajaran daring sehingga disiplin belajar siswa selalu terjaga. Guru sering memanfaatkan media smartphone sebagai sarana belajar yang efektif walaupun diantara keseluruhan siswa dan guru masih ada yang memiliki kendala dalam melakukan pembelajaran daring. Dengan adanya aplikasi class room dan zoom untuk memudahkan tidak hanya siswa tetapi juga tenaga pendidik dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Selain itu, hasil belajar siswa selama pembelajaran daring tetap meningkat. Jadi walaupun proses belajar dalam kondisi online siswa juga harus tetap memiliki disiplin belajar, disiplin waktu dan disiplin berpakaian walaupun dalam keadaan pembelajaran daring, siswa tetap melaksanakan kedisiplinan. Salah satu contoh kendala yang terjadi adalah masih adanya siswa yang masih belum disiplin dalam melakukan pembelajaran daring dan kurangnya bahkan ketidak mampuan siswa menerapkan proses pembelajaran berbasis Online atau Daring padahal semua guru sudah dibekali dengan fasilitas smartphone bahkan wifi disekolah serta telah menerapkan kedisiplinan baik kedisiplinan waktu maupun kedisiplinan berpakaian.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up