JudulHubungan Pembelajaran Luring Dengan Efektivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 8 Banawa |
Nama: SRI HANDAYANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Sri Handayani, 2024. “Hubungan Pembelajaran Luring dengan Efektivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 8 Banawa”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Surahman, Pembimbing (II) Nuraeni. Permasalahan dalam penelitian ini apakah ada hubugan pembelajaran luring dengan efektivitas belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 8 Banawa ? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubugan pembelajaran luring dengan efektivitas belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 8 Banawa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 17 laki-laki dan 12 perempuan, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan meggunakan teknik presentase, sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 29 orang siswa kelas IV SD Negeri 8 Banawa ada 13 orang siswa atau 44,83% yang memiliki keinginan pembelajaran luring sangat setuju, 12 orang siswa atau 41,37% yang memiliki keinginan pembelajaran luring setuju, 4 orang siswa atau 13,79% yang memiliki keinginan pembelajaran luring ragu-ragu dan tidak ada 0 siswa atau 0% yang tidak setuju. Dapat juga dilihat dari data hasil angket deskritif efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 8 Banawa menyatakan bahwa dari 29 orang siswa, ada 69% siswa yang efektiv belajar mata pelajara IPA kurang dan tidak ada siswa yang tidak efektiv belajar mata pelajaran IPA.Dari data hasil tes belajar siswa dapat dilihat dengan skor tertinggi 100 berjumlah 6 orang, skor terendah 40 dengan berjumlah 2 orang, jumlah siswa 24 orang yang tuntas dan 5 orang yang belum tuntas. Berdasarkan analisis inferensial, di peroleh ?????????????????????g yaitu 0,872 jika nilai ?????????????????????g ini dikonsultasikan ke ???? ???????????????????? dengan jumlah sampel penelitian 29 dan taraf kepercayaan 5%, maka diperoleh nilai ???? ???????????????????? yaitu 0,872. Sehingga ?????????????????????g > ???? ???????????????????? atau 0,872 > 0,367, berdasarkan kelaziman data penelitian mix methode jika ?????????????????????g > ???? ???????????????????? maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa Ha yang diajukan dalam penelitian ini diterima, dan Ho yang menyatakan tidak ada hubungan Pembelajaran Luring dengan Efektivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 8 Banawa ditolak atau dapat dikatakan bahwa ada hubungan Pembelajaran Luring dengan Efektivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 8 Banawa. Kata Kunci : Pembelajaran Luring,Efektivitas Belajar Siswa, Pelajaran IPA |