JudulPENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 1 INTI PEMBINA AMPIBABO |
Nama: FIRDA SULISTIAWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Firda sulistiawati 2021, Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 1 Inti Pembina Ampibabo, Skripsi Program Studi Pendidikn Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Rizal, S.Ag.,M.Pd. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media pop up book dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Inti Pembina Ampibabo. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa mata pelajaran IPS kelas IV SDN 1 Inti Pembina Ampibabo. Seting penelitian dilaksanakan di SDN 1 Inti Pembina Ampibabo, yang berjumlah 28 orang anak yang terdiri dari 13 orang anak laki-laki dan 15 orang anak perempuan. Rancangan yang digunakan adalah model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa komponen yaitu: pratindakan, rencana, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media pop up book pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Inti Pembina Ampibabo. Hal ini ditandai dengan lebih meningkatnya hasil belajar siswa di kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tema pembelajaran sumber daya alam. Hasil dari pelaksanaan tindakan menunjukan bahwa penggunaan media pop up book baik digunakan dalam pembelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran siklus I berada dalam kategori cukup, berdasarkan hasil tes siklus I siswa yang tuntas 18 Orang dari 28 orang siswa dengan persentase ketuntatasan klasikal 64,28?n persentase daya serap klasikal 75, 35%%. Sedangkan pada siklus II berada dalam kategori sangat baik, dengan jumlah yang tuntas 25 orang dari 28 orang siswa diperoleh persentase ketuntasan klasikal 89,28?n persentase daya serap klasikal 83,21 %. Berdasarkan persentase ketuntasan klasikal, dan persentase daya serap klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media pop up book mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Inti Pembina Ampibabo. Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Media Pop Up Book. |