Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WAYURA
Nama: YOSAM ROMBO
Tahun: 2020
Abstrak
Yosam Rombo (2020) “Mengingkatkan motivasi dan hasil belajar IPA menggunakan media video pada siswa kelas IV SD Negeri Wayura”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Abdul Rahman Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA dengan menggunakan media video pada siswa kelas IV SD Negeri Wayura. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Wayura yang berjumlah 12 orang, penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaiti; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil pelaksanaan penelitian siklus I dan II menujukan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar. Pada siklus I dengan jumlah siswa 12 orang yang hadir dapat dilihat bahwa 2 orang mengalami peningkatan motivasi kategori tinggi, dan sedangkan 10 orang lainnya masi berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor motivasi belajar 69,02?n hasil belajar dari 12 orang siswa terdapat 8 orang siswa yang mendapatkan nilai tuntas, sedangkan 4 orang lainya tidak tuntas. Hasil pada siklus II dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang yang hadir dapat dilihat bahwa peningkatan motivasi semuanya tergolong dalam kategori tinggi dengan rata-rata skor motivasi belajar 86,50%, dengan hasil belajar yang dicapai dari 12 siswa yang hadir terdapat 2 orang siswa yang tidak tuntas dan 10 orang lainya tuntas. Jadi peningkatan motivasi dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 17,61?n peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II sebesar 16,67%. Sedangkan hasil observasi guru siklus I sebesar 83,82?n siklus II sebesar 88,23% juga mengalami peningkatan sebesar 4,41%. Berdasarkan indikator keberhasilan dalam penelitian ini, dapat dikatakan bahwa penggunaan media video dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Wayura. Kata Kunci : Motivasi dan Hasil belajar IPA, Media Gambar Yosam Rombo, 2020. Increasing the motivation and learning outcomes of Natural Science using the Media of Video in Class IV SD Negeri Wayura. Skripsi. Elementary School Teacher Education Study Program, Education Science Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University. Supervised by Abdul Rahman. This research is a classroom action research, which aims to find out how to increase motivation and learning outcomes of natural science using the media of video in Class IV SD Negeri Wayura. The subject of this research totaled 12 students. This research is conducted in two cycles and each cycle consists of four stages, namely; planning, action, observation, and reflection. The results of the research in cycles I and II show that an increase in motivation and learning outcomes. In Cycle I, there were 2 students categorized high and 10 students categorized moderate, with an average learning motivation score of 69.02% while in the learning outcomes, there were 8 students categorized completeness and 4 students categorized incomplete. In Cycle II, there are 12 students categorized high with an average learning motivation score of 86.50% while in the learning outcomes, there are 10 students categorized completeness and 2 students categorized incomplete. So the increase in motivation from cycle I to cycle II is 17.61% and the increase in learning outcomes from cycle I to cycle II is 16.67%. Meanwhile, the teacher's observation in cycle I was 83.82% and in cycle II is 88.23% also experienced an increase of 4.41%. Therefore, it can be concluded that the use of video media can increase the motivation and learning outcomes of natural science in Class IV SD Negeri Wayura Keywords: Motivation and Learning Outcomes of Natural Science, Video Media

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up