JudulPENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 7 TANANTOVEA |
Nama: NUR AINI LATUBA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV di Di SDN 7 Tanantovea. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Di SDN 7 Tanantovea dengan jumlah total 52 orang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA dan kelas IVB. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Pretest-Posstest Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan pemberian tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) serta dokumentasi. Peningkatan hasil tes siswa dari pretest ke posttest dihitung berdasarkan skor N-gain dengan kriteria berdasarkan tingkat gain yaitu; g > 70 kriteria tinggi, 30 ? g ? 70 kriteria sedang, dan g < 30 xss=removed xss=removed> 1,68. Sehingga dapat diketahui bahwa ada pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran ips kelas IV di SDN 7 Tanantovea. Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Hasil Belajar IPS. |