Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN TONDO PADA MASA PANDEMI COVID-19
Nama: SINDI RAMLAN PANTALO
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Sindi Ramlan Pantalo, 2021. “Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Tondo Pada Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nuraini, S.Pd., M.Pd Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Tondo pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan eksperimen dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain “Quasi Eksperimen”. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas IV SDN Tondo dengan jumlah total 40 orang siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu IV A dan kelas IV B, kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes hasil belajar siswa dalam bentuk soal pilihan ganda. Hasil dari pengelolaan data kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata pretest sebesar 66,00 dengan standar deviasi 11,42 dan skor rata-rata posttest sebesar 85,00 dengan standar deviasi 11,00. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis bahwa kelompok eksperimen memiliki Thitung sebesar 4,883 dengan Ttabel 1,685, sehingga nilai signifikan (2-tailed) dari hasil uji T-Test posttest dari kedua kelompok didapat nilai 0,000, maka hipotesis nol H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima karena berdasarkan kriteria uji T-Test nilai signifikannya < 0,05. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Tondo pada masa pandemi covid-19. Kata Kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar IPA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up