JudulUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SD AL-KHAIRAT SIDOLE |
Nama: NURAFIFAH. S |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nurafifah S. (2021). “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Siswa Kelas III SD Al-Khairat Sidole”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing : Abdul Rahman, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini yaitu Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus. Dalam pelaksanaan tindakan kelas terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamata/Observasi dan refleksi. Dengan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengupayakan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas III SD Al-Khairat Sidole dengan mengunakan model pembelajarann Picture and Picture. Instrument yang digunakan pada pengumpulan data adalah menggunakan observasi dan evaluasi. Hasil penelitian pada siklus I pada lembar evaluasi siswa presentase ketuntasan klasikal 52,94%. Pada observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa siklus I diperoleh kategori Cukup dengan Presentase skor perolehan aktivitas guru sebesar 78,94?n observasi siswa sebesar 71,05%. Sedangkan hasil pada siklus II Diperoleh ketuntasan belajar yang dapat dilihat pada lembar evaluasi siswa dengan presentasi ketuntasan klasikal sebesar 88,23?ngan kategori Baik. Pada observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa siklus II diperoleh kategori Baik dengan Presentase skor perolehan aktivitas guru sebesar 86,84?n observasi siswa sebesar 89,47%. Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD Al-Khairat Sidole dengan menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture dapat meningkat. Kata Kunci :Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar |