JudulKEMAMPUAN MENAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SD NEGERI UETOLI |
Nama: CHINTYA LAMUDO |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Chintya Lamudo, 2021. Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD Negeri Uetoli. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Dengan memperhatikan latar belakang dan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan manajerial kepala SD Negeri Uetoli dalam meningkatkan kinerja guru dan mengetahui kinerja guru SD Negeri Uetoli. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Bogdan dan Taylor mendefenisikan penelitian kualitatif sebagai penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai berbagai permasalahan berdasarkan faktor-faktor yang diperoleh dari objek yang diteliti. Demi memudahkan peneliti melakukan penelitian sehingga penetapan lokasi penelitian yaitu dilaksanakan di SD Negeri Uetoli. Instrumen yang digunakan dalam penellitian ini berupa angket. Angket yang digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Angket terdiri 20 item penilaian untuk kemampuan kepala sekolah dan 15 item penilaian untuk kinerja guru dengan menggunakan alternatif pilihan jawaban yaitu sangat sesuai (SS) = 5, sesuai (S) = 4, kurang sesuai = 3, tidak sesuai (TS) = 2, sangat tidak sesuai (STS) = 1. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan mengenai Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD Negeri Uetoli, maka dapat diambil kesimpulan diantaranya: 1) Kemampuan manajerial kepala sekolah di SD Negeri Uetoli dalam kategori baik. Dari 4 aspek tersebut diantaranya aspek perencanaan yang dilakukan memperoleh nilai rata-rata persentasenya 95,6% sehingga tergolong dalam kategori “sangat baik”, aspek pengorganisasian memperoleh presentase 90,4% sehingga tergolong dalam kategori “sangat baik”, aspek evaluasi kepala sekolah memperoleh perentase 98% sehingga tergolong dalam kategori “sangat baik”, aspek kepemimpinan kepala sekolah memperoleh persentase 90% sehingga tergolong dalam kategori “sangat baik”. 2) Kinerja Guru di SD Negeri Uetoli secara keseluruhan berada pada kategori sangat baik, dari beberapa aspek kinerja guru di antaranya persiapan pembelajaran yang dilakukan memperoleh persentase 97,2% sehingga tergolong dalam kategori “sangat baik”. Proses pembelajaran memperoleh pesentase 91,2% sehingga tergolong dalam kategori “sangat baik”, aspek evaluasi/penilaian memperoleh pesentase 89,6% sehingga tergolong dalam kategori “sangat baik”. Kata Kunci: Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Kinerja Guru. |