JudulPENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN NOBANGAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SUKU KAILI TERHADAP NILAI KERJA SAMA SISWA KELAS 4 SDN 8 MAMBORO PALU |
Nama: KAMAWARNI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Kamawarni, 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Nilai Kerja Sama Siswa Kelas 4 SDN 8 Mamboro Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Azizah,S.Si.M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran Nobangan pada nilai kerja sama dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan model pembelajaran Nobangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini terdiri dari empat fase, yaitu : (1) mengidentifikasi masalah yang memotivasi penelitian, (2) mendeskripsikan tujuan penelitian, (3) merancang dan mengembangkan produk, dan (4) menguji produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN 8 Mamboro Palu tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 8 orang siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yang berupa lembar kuisioner validasi dan kepraktisan sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini terdiri dari dua yaitu validasi model dan kepraktisan model. Validasi model pembelajaran nobangan terdiri dari vaidasi silabus, RPP, dan buku panduan model pembelajaran nobangan. Hasil validasi silabus memperoleh nilai 3,5 dengan kriteria sangat valid, validasi RPP memperoleh nilai 3,51 kriteria sangat valid dan validasi buku panduan model pembelajaran Nobangan memperoleh nilai 3,58 dengan kriteria sangat valid. Tingkat kepraktisan model pembelajaran nobangan terdiri dari respon siswa, respon guru, dan respon pengamat nilai kerja sama. Nilai kepraktisan dari respon siswa memperoleh nilai 3,85 dengan kriteria sangat praktis, respon guru memperoleh nilai 3,39 dengan kriteria “sangat praktis” dan respon pengamat nilai kerja sama memperoleh nilai 3,18 dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran Nobangan pada nilai kerja sama siswa kelas 4 SDN 8 Mamboro Palu memenuhi kriteria valid dan praktis. Kata Kunci : Model Pembelajaran Nobangan, Kerja Sama Kamawarni, 2020. Development of Nobangan Learning Model Based on Traditional Games of The Kaili Tribe Towards The Cooperation Value of Fourth Grade Students at SDN 8 Mamboro Palu. Skripsi, Elementary School Teacher Education Study Program, Education Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University. Supervisor: Azizah. The research aims to develop Nobangan learning model based on Traditional Games of the Kaili tribe towards the cooperation Value of Fourth Grade Students at SDN 8 Mamboro Palu. This was a Research and development research. It consists of four stages, namely: (1) identify problem that motivates a research, (2) describe the research aim, (3) design and develop product, and (4) examine product. The research subjects were 8 students of SDN 8 Mamboro in the academic year of 2020/2021. There are two kinds of the data, quantitative and qualitative data. The quantitative data were validation of observation sheets and practicality while the qualitative data were observation and interview results. The research result consists of two models, validation and practicality model. Nobangan learning model validation comprises syllabus, lesson plan, and handbook book of Nobangan learning model. Syllabus validation result obtained mean 3.5 with very valid criteria, lesson plan validation got mean 3.51 with very valid criteria and handbook book of Nobangan learning model validation got mean 3.58 with very valid criteria. The level of Nobangan learning model practicality consists of students’ response, teachers’ response, and observers’ response of cooperation value. The practicality value of students’ response obtained mean 3,85 with practical criteria, teachers’ response got mean 3,39 with very practical criteria, and observers’ response of cooperation value got mean 3.18 with practical criteria. Based on the results, it can be concluded that the development of Nobangan Learning Model Based on Traditional Games of The Kaili Tribe Towards The Cooperation Value of Fourth Grade Students at SDN 8 Mamboro Palu fulfilled valid and prcatical criteria. Keywords: Nobangan Learning Model, Cooperation |