Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Nilai Kreatif Siswa Kelas 5 SD Inpres Perumnas Palu
Nama: RAHMA SAFIRA
Tahun: 2021
Abstrak
Rahma Safira, 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Nilai Kreatif Siswa Kelas 5 SD Inpres Perumnas Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Azizah, S.Si., M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran Nobangan pada nilai kreatif dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan model pembelajaran Nobangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini terdiri dari 7 langkah menurut sugiyono, yaitu : 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) ujicoba produk dan 7) revisi produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Inpres Perumnas Palu tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 8 siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yang berupa lembar kuisioner validasi dan kepraktisan sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi dan wawancara. Hasil validasi dari penelitian ini meliputi validasi silabus, RPP, dan buku panduan model pembelajaran Nobangan. Hasil validasi silabus sebesar 3,62 dengan kriteria “sangat valid”, validasi RPP sebesar 3,69 memenuhi kriteria “sangat valid”, sedangkan validasi buku panduan model pembelajaran Nobangan sebesar 3,67 dengan kriteria “sangat valid”. Hasil tingkat kepraktisan model pembelajaran Nobangan meliputi respon siswa, guru dan pengamat nilai kreatif siswa. Hasil respon siswa dengan nilai sebesar 3,67 memenuhi kriteria “sangat praktis”, respon guru sebesar 3,53 dengan kriteria “sangat praktis”, dan respon pengamat nilai kreatif siswa sebesar 3,24 kriteria “praktis”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran Nobangan pada nilai kreatif siswa kelas 5 SD Inpres Perumnas Palu memenuhi kriteria valid dan praktis. Kata kunci : Model Pembelajaran Nobangan, Nilai Kreatif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up