JudulPengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Nilai Karakter Jujur Siswa Kelas VI SDN Tondo Palu |
Nama: ANDI NIRMALA AINUN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Andi Nirmala Ainun, 2020. Pengembangan Model pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradsional Suku Kaili Terhadap Nilai Karakter Jujur Siswa Kelas VI SDN Tondo Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Azizah, S.Si.,M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran Nobangan terhadap nilai karakter jujur dan mengetahui kevalidan serta kepraktisan model pembelajaran Nobangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini terdiri dari 7 langkah menurut Sugiyono (2014) yaitu : 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk dan 7) revisi produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Tondo tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 9 orang siswa pada pertemuan pertama dan 6 orang siswa pada pertemuan kedua. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yang berupa lembar kuisioner validasi dan kepraktisan sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi dan wawancara. Hasil validasi dari penelitian ini meliputi validasi silabus, RPP, dan buku panduan model pembelajaran Nobangan. Hasil validasi silabus memperoleh nilai 3,5 dengan kriteria “sangat valid”. Validasi RPP memperoleh nilai 3.61 dengan kriteria “sangat valid” dan validasi buku panduan model pembelajaran Nobangan memperoleh nilai 3,79 dengan kriteria “sangat valid”. Hasil tingkat kepraktisan model pembelajaran Nobangan meliputi respon siswa, guru, dan pengamat nilai karakter jujur. Hasil tingkat kepraktisan model pembelajaran Nobangan adalah respon siswa 3,32 dengan kriteria “praktis”, respon guru memperoleh nilai 3,57 dengan kriteria “sangat praktis” dan respon pengamat nilai karakter jujur memperoleh nilai 3,32 dengan kriteria “praktis”. Berdasarakan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran Nobangan pada nilai karakter jujur siswa kelas VI SDN Tondo Palu memenuhi kriteria valid dan praktis. Kata Kunci : Model Pembelajaran Nobangan, Nilai Karakter Jujur |