Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV SD INPRES 1 TANAMODINDI
Nama: NOVIANA
Tahun: 2021
Abstrak
Noviana. 2021. Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Online Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Di Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Skripsi., Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Herlina. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Online Pada Tema Perduli Terhadap Makhluk Hidup Di Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desai “ Quasi Eksperimen”. Subyek dalam penelitian ini adalah beberapa orang siswa kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi dengan jumlah total 28 orang siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA dan Kelas IVB. Dimana kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan berupa tes hasil belajar siswa dalam bentuk soal pilihan ganda. Hasil pengolahan data kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata pretest sebesar 65,71 dengan standar deviasi 10,89 dan skor rata-rata posttest sebesar 82,14 dengan standar deviasi 11,21. Sedangkan kelas kontrol diperoleh skor rata-rata pretest sebesar 57,14 dengan standar deviasi 11,38 dan skor rata-rata posttest 67,14 dengan standar deviasi 12,04. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis bahwa kelompok eksperimen dan kontrol memiliki Thitung sebesar 2,515 dengan Ttabel 1,706, sehingga nilai signifikan (2-tailed) dari hasil uji T-Test posttest dari kedua kelompok didapat nilai sebesar 0,018, maka hipotesis nol H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima karena berdasarkan kriteria uji T-Test nilai signifikannya < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran online pada tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Kata Kunci : Media Audiovisual, Hasil Belajar Siswa Noviana. 2021. The Effect of Audiovisual Media on Student Learning Outcomes in Online Learning on the Themes of Concern for Living Things in Class IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Thesis, Primary School Teacher Education Study Program, Education Science Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Advisors: (1) Herlina. This study aims to determine the effect of audiovisual media on student learning outcomes in online learning on the theme of caring for living things in grade IV SD Inpres 1 Tanamodindi. This research is a quantitative study using an experimental approach using two groups, namely the experimental class group and the control class group. The design used in this research is the "Quasi Experiment" design. The subjects in this study were some fourth grade students of SD Inpres 1 Tanamodindi with a total of 28 students consisting of two classes, namely class IVA and Class IVB. Where the IVA class as the experimental class and the IVB class as the control class. The instrument used was a test of student learning outcomes in the form of multiple choice questions. The results of experimental class data processing obtained an average pretest score of 65.71 with a standard deviation of 10.89 and an average posttest score of 82.14 with a standard deviation of 11.21. While the control class obtained an average pretest score of 57.14 with a standard deviation of 11.38 and an average posttest score of 67.14 with a standard deviation of 12.04. Based on the results of testing the hypothesis that the experimental and control groups have a Tcount of 2,515 with a Ttable of 1.706, so that the significant (2-tailed) value of the posttest T-Test results from both groups is 0.018, so the null hypothesis H0 is rejected and the Ha hypothesis is accepted because based on the T-Test test criteria the significance value <0.05. Thus it can be concluded that there is an influence of audiovisual media on student learning outcomes in online learning on the theme of caring for living things in class IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Keywords: Audiovisual Media, Student Learning Outcomes

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up