JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP) KELAS IV DI SDN NUNU |
Nama: DEDI RORE POTING |
Tahun: 2021 |
Abstrak Dedi Rore Poting. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Kelas IV di SDN Nunu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Herlina. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Kelas IV di SDN Nunu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain “Noneqiuvalent Control Grup Design”. Subyek dalam penelitian ini adalah beberapa orang siswa kelas IV SDN Nunu dengan jumlah total 30 orang siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol. Instrument yang digunakan berupa tes kreativitas figural. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai prasyarat untuk uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis bahwa kelompok eksperimen dan kontrol memiliki Thitung sebesar 5,280 dengan Ttabel 2,042, sehingga nilai signifikan (2-tailed) dari hasil uji T-Test posttest dari kedua kelompok didapat nilai sebesar 0,000, maka hipotesis nol H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima karena berdasarkan kriteria uji T-Test nilai signifikannya < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Kelas IV di SDN Nunu. Kata Kunci: Media Sosial Youtube, Kreativitas Siswa ? |