JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) DAN MEDIA VIDEO DI KELAS V SDN 1 TOLISU |
Nama: AFIFA NURPRATIWI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Afifa Nurpratiwi. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Daring (online) dan Media Video di Kelas V SDN 1 Tolisu”. Skiripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Abdul Rahman. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan model pembelajaran daring (online) dan media video di kelas V SDN 1 Tolisu. Subjek penelitian ini berjumlah 29 orang siswa yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Objek penelitian adalah hasil belajar IPA dengan model pembelajaran daring (online) dan media video. Penelitian ini menggunakan desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi 4 komponen yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Penelitian yang dilakukan dalam dua siklus dengan Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Teknik analisis data ada dua yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Dari hasil ulangan harian diperoleh kentuntasan belajar klasikal sebesar 65,34%. Selanjutnya penelitian siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 72,41%, adapun dari hasil observasi aktivitas siswa siklus I pada kategori cukup dan aktivitas guru kategori baik. Sementara hasil penelitian pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 96,55%. Adapun dari hasil observasi aktivitas siswa siklus II pada kategori baik dan guru pada kategori sangat baik. Kata kunci : Model Pembelajaran Daring (online), Media Video, Hasil Belajar IPA. |