JudulDampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di SDN Pombewe |
Nama: NUR AFIFA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nur Afifa (2021). “Dampak Covid 19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di SDN Pombewe”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing : Dr. Herlina, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini yaitu penelitian mixed methods (metode campuran). Pelaksanaan penelitian mixed methods (metode campuran) adalah metode penelitian yang mengkombinasikan bentuk penelitian kualitatif dan kuantitaf. Dalam penelitian ini terdapat 4 tehnik pengumpulan data yaitu observasi, angket (kuesioner), dokumentasi dan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di kelas IV SDN Pombewe. Instrumen yang digunakan pada pengumpulan data yaitu dengan lembar observasi dan kuesioner (angket). Hasil penelitian berdasarkan hasil observasi bahwa 100% pihak guru menerapkan sistem daring sedangkan siswa sendiri memiliki keterbatasan fasilitas seperti handphone sebesar 29?n tidak memiliki akses internet sebesar 50%, Selain itu siswa juga sangat kesulitan dalam memahami pembelajaran melalui daring dengan presentasi 21%. Jadi dampak Covid 19 terhadap implementasi pembelajaran di kelas IV SDN Pombewe masih memiliki banyak hambatan sehingga siswa tidak dapat menerima materi dengan baik dan benar di karenakan keterbatasan fasilitas sehingga guru sendiri pun merasa tidak tuntas dalam memberikan materi terhadap siswa. Kata Kunci : Covid 19, Pembelajaran Daring . (Jamilah, Mulyadi. (2020)) |