Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD INPRES 1 TANAMODINDI
Nama: NINING AYUNI Z.LAIRI
Tahun: 2024
Abstrak
Nining Ayuni Z. Lairi, 2021. “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd Inpres 1 Tanamodindi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa Sd Inpres 1 Tanamodindi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan eksperimen dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. desain dalam penelitian ini menggunakan desain “Quasi Eksperimen”. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sd Inpres 1 Tanamodindi dengan jumlah total 40 orang siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu IV A dan IV B, kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes hasil belajar siswa dalam bentuk soal pilihan ganda. Hasil dari pengelolaan data kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata pretest sebesar 66,00 dengan standar deviasi 11,42 dan skor rata-rata posttest sebesar 85,50 dengan standar deviasi 10,50. Berdasarkan hasil pengujuan hipotesis bahwa kelompok eksperimen memiliki Thitung sebesar 4,883 dengan Ttabel 1,685, sehingga nilai signifikan (2-tailed) dari hasil uji T-Test posttest dari kedua kelompok didapat nilai 0,000 maka hipotesis nol H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima karena berdasarkan kriteria uji T-Test nilai signifikannya <0,05. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa Sd Inpres 1 Tanamodindi. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up