Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES 1 DONGGULU
Nama: RIA UTAMI HAIRULLAH
Tahun: 2021
Abstrak
Ria Utami Hairullah, 2021. Hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 1 Donggulu. Skripsi program studi pendidikan guru sekolah dasar jurusan ilmu pendidikan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas tadulako. Pembimbing Azizah, S.Si, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 1 Donggulu serta perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dari ketiga jenis pola asuh orang tua. Pola asuh orang yang dimaksud adalah pola asuh otoriter, demokratis dan permissif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen jenis kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji korelasi dan uji anova. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (a) nilai signifikansi pada pola asuh otoriter lebih besar dari 0,05 (0,600 > 0,05), (b) nilai signifikansi pada pola asuh demokratis lebih besar dari 0,05 (0,442 > 0,05), dan (c) nilai signifikansi pada pola asuh permissif lebih besar dari 0,05 (0,862 > 0,05). Maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya bahwa tidak terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 1 Donggulu. Adapun hasil analisis data menggunakan one way anova menunjukkan bahwa nilai signifikansi (0,137) > 0,05, yang artinya bahwa rata-rata hasil belajar siswa dari ketiga gaya pola asuh orang tua adalah “sama”, Sehingga perbedaan rata-rata hasil belajar siswa diantara ketiga jenis pola asuh tersebut tidaklah signifikan. Kata kunci : pola asuh orang tua, hasil belajar siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up