Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN TONGOA SAMPOROA
Nama: FEBRIANI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Febriani (2021). Hubungan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Tongoa Samporoa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Huber Yaspin Tandi. Minat belajar adalah salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Tongoa Samporoa. Sampel dalam penelitian yaitu siswa kelas V SDN Tongoa Samporoa yang berjumlah 23 orang, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui gambaran minat belajar dan dianalisis secara inferensial menggunakan rumus korelasi product moment untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian terdapat 13 orang siswa atau 56,5% memiliki minat belajar tinggi sedangkan 10 orang siswa atau 43,5% memiliki minat belajar sedang. Sedangkan klasifikasi hasil belajar terdapat 12 orang siswa atau 52,2% memiliki hasil belajar tinggi sedangkan 11 orang siswa atau 47,8% memiliki hasil belajar sedang. Berdasarkan analisis inferensial didapatkan rhitung = 0,571. Hasil ini dikalkulasikan pada rtabel dengan jumlah sampel 23 orang dengan taraf signifikan 5% maka diperolah rtabel = 0,413 sehingga diperoleh rhitung > rtabel atau 0,571 > 0,413 dengan demikian berdasarkan kelaziman data penelitian kuantitatif jika rhitung > rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga Hipotesis alternatif atau Ha pada penelitian ini yang berbunyi ada hubungan antara minat belajar siswa kelas V SDN Tongoa Samporoan diterima. Kata kunci : Minat belajar dan Hasil belajar Siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up