JudulHUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 16 BANAWA SELATAN |
Nama: YORIANA LISU TIMANG |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Yoriana Lisu Timang (2021). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 16 Banawa Selatan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SDN 16 Banawa Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 orang siswa, pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif, sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 6 orang siswa atau 27,3% yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi, 15 orang siswa atau 68,2% yang memiliki motivasi belajar tinggi, dan 1 orang siswa atau 4,5% yang memiliki motivasi belajar sedang. Sedangkan klasifikasi hasil belajar terdapat 5 orang siswa atau 22,7% memiliki hasil belajar sangat tinggi, 17 orang siswa atau 77,3% memiliki hasil belajar tinggi. Berdasarkan analisis inferensial diperoleh rhitung yaitu 0,464. Hasil ini dikalkulasikan pada rtabel dengan jumlah sampel 22 dan taraf signifikan 5% maka diperoleh rtabel = 0,423, sehingga rhitung ? rtabel atau 0,464 ? 0,423. Berdasarkan kelaziman data penelitian kuantitatif, jika rhitung ? rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SDN 16 Banawa Selatan, dengan kategori cukup kuat. Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa ? |