Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 6 SDN BIRO PALU
Nama: KIRANA DEWI NOVIANTARI
Tahun: 2020
Abstrak
Kirana Dewi Noviantari,2020. Pengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 6 SDN BIRO PALU. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Azizah,S.Si M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran Nobangan pada Minat Belajar siswa dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan model pembelajaran Nobangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Develoment). Penelitian terdiri dari 3fase, yaitu : 1) Fase penelitian awal, 2) Pengembangan, 3) Validitas.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SDN BIRO PALU yang berjumlah 8 siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yaitu kuantitaif dan kulitatif. Data kuantitatif yang berupa lembar kuisioner validasi dan kepraktisan sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini terdiri dari dua yaitu validasi model daan kepraktisan model. Validasi model pembelajaran nobangan terdiri dari validasi silabus,RPP, dan buku panduan model pembelajaran nobangan. Hasil validasi silabus memperoleh nilai 3,31 dengan kriteria “ sangat valid”.Validasi RPP memperoleh nilai 3,20 dengan kriteria “valid”, dan validasi panduan model pembelajaran nobangan memperoleh nilai 3,24 dengan kriteria “sangat valid”. Tingkat kepraktisan model pembelajaran nobangan terdiri darai respon siswa,respon guru, dan respon pengamat minat belajar siswa. Nilai kepraktisan model oleh siswa memperoleh nilai 3,69 dengan kriteria “sangat praktis”.Hasil penilaian kepraktisan guru dari dua kali pembelajaran dengan model pembelajaran nobangan, memperoleh nilai 3,96 dengan kriteria “sangat praktis”, penilaian kepraktisan pengamat tentang minat belajar siswa, memperoleh nilai 3,49 dengan kriteria “sangat praktis ”.Berdasarkan hasil tersebut dapat d isimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran nobangan pada Minat Belajar siswa kelas 6 SDN BIRO PALU memenuhi kriteria valid dan praktis. Kata kunci : Model Pembelajaran Nobangan, Minat Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up