JudulPENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV |
Nama: ANDRI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Andri. 2021. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Bambaira”. Skiripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Abdul Rahman. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media video berbasis Audio Visual pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Bambaira. Terdiri dari 6 fase pembelajaran yaitu : (1) Observasi, (2) identifikasi masalah, (3) pengumpulan data, (4) pengolahan data, (5) pembuktian, (6) penarikan kesimpulan. Penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi 4 komponen yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian TIndakan Kelas, yang dilakukan dalam dua siklus dengan subyek siswa kelas IV SDN Bambaira dengan jumlah siswa 15 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Teknik analisis data ada dua yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Dari hasil ulangan harian diperoleh kentuntasan belajar klasikal sebesar 20%. Selanjutnya penelitian siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 40,00%, adapun dari hasil observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru pada siklus I masing-masing pada kategori cukup. Sementara hasil penelitian pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 80,00%. Adapun dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru pada siklus II dalam kategori sangat baik. Kata kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar IPA. |