JudulAnalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Konversi Satuan Panjang Di Kelas IV SDN 4 Tentena |
Nama: SERLIN TADJILA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan pada siswa kelas IV SDN 4 Tentena dalam menyelesaikan soal konversi satuan panjang. (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal konversi satuan panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa yang diambil dari 13 siswa kelas IV SDN 4 Tentena. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan : 1) Kesalahan- kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas IV SDN 4 Tentena dalam menyelesaikan soal konversi satuan panjang dilihat dari objek matematikanya adalah kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan keterampilan/prosedural. Kesalahan fakta yang dilakukan siswa, yaitu: salah mengubah permasahan kedalam bentuk matematika ; salah menggunakan simbol satuan panjang. Kesalahan konsep yang dilakukan siswa, yaitu : siswa tidak memahami aturan dari konversi satuan panjang ; melakukan proses perhitungan tanpa mengkonversikan atau menyamakan satuan panjang. Kesalahan prinsip yang dilakukan siswa, yaitu: kesalahan dalam melakukan operasi hitung karena tidak memahami aturan menggunakan operasi hitung bilangan bulat. Kesalahan keterampilan/prosedur yang dilakukan siswa, yaitu : kesalahan menentukan hasil akhir ; prosedur penyelesaian yang tidak lengkap. 2) Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaiakan soal konversi satuan panjang yaitu : siswa tidak dapat mengubah permasahan dari soal cerita ke dalam bentuk matematika, keterampilan untuk menyelesaiakan masalah yang dimiliki oleh siswa masih kurang, siswa kurang memahami konsep konversi satuan panjang, siswa belum menguasai penggunaan operasi hitung, dan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dirumah . Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Konversi Satuan Panjang |