JudulPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PERKALIAN BILANGAN BULAT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SD |
Nama: ALDA DWI SYAHFITRI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Alda Dwi Syahfitri, 2020. Pengembangan Modul Pembelajaran Perkalian Bilangan Bulat Berbasis Kontekstual pada Siswa Kelas VI SD. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Mufidah, S.Pd., M.Pd Tujuan penelitian ini untuk menguji kevalidan dan kepraktisan modul pembelajaran perkalian bilangan bulat bebasis kontekstual pada siswa kelas VI SD. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall yang memiliki 10 tahapan. Dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan 7 tahap, yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan data;2)Perencanaan; 3) Pengembangan draft produk; 4) Uji coba lapangan awal; 5)Revisi uji coba lapangan awal; 6) Uji coba lapangan utama; dan 7) Revisi uji coba lapangan utama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Data-data tersebut diperoleh dari 12 siswa di tiga Sekolah Dasar (SD) yaitu, SD Inpres 1 Inti Bantaya, SDN Bambalemo dan SD Inpres 2 Bantaya. Instrument yang digunakan yaitu angket. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan media diperoleh rata-rata 4.18 dengan kriteria “Baik” sehingga modul valid digunakan. Adapun hasil uji coba lapangan utama untuk menguji kepraktisan modul berdasarkan respon siswa dan guru. Hasil uji coba lapangan utama pada siswa diperoleh nilai rata-rata 4.46 dengan kriteria “Sangat Baik” dan pada guru diperoleh nilai rata-rata 4.01 dengan kriteria “Baik” sehingga praktis digunakan. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan utama diketahui bahwa modul pembelajaran perkalian bilangan bulat berbasis kontekstual valid dan praktis sehingga layak digunakan pada siswa kelas VI SD. Kata Kunci : Pengembangan, modul, perkalian, pendekatan kontekstual |