JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE NHT(NUMBERED HEADS TOOGETHER) DIKELAS IV SD NEGERI WATUWALI |
Nama: SERLYTA A PASUU |
Tahun: 2024 |
Abstrak Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Toogether merupakan model pembelajaran yang dapat berpengaruh terhadap pola interaksi siswa dan bertujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe NHT ( Numbered Heads Toogether) serta mengetahui pengelolaan guru dalam pembelajaran pada siswa kelas IV SD Negeri Watuwali. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan bersiklus diawali tahap siklus 1 dan berakhir pada tahap siklus 2 karena dinyatakan telah berhasil dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Watuwali berjumlah 24 orang, yang terdiri dari 9 laki-laki dan 15 perempuan. Hasil ketuntasan daya serap klasikal yang dicapai pada tes hasil belajar siswa pada tahap siklus 1 sebesar 64,6?ngan jumlah siswa yang tuntas 14 siswa dari 24 jumlah seluruh siswa. Presentase ketuntasan daya serap klasikal ini belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 65%. Sehingga dilanjutkan penelitian pada tahap siklus 2. Hasil yang diperoleh dari tahap siklus 2 lebih baik daripada hasil yang diperoleh dari siklus 1, dimana ketuntasan daya serap klasikal mencapai 70,41 dengan jumlah siswa yang tuntas 20 siswa dati 24 jumlah seluruh siswa. Hal tersebut berarti bahwa tingkat kemampuan siswa dalam pembelajaran rata-rata dalam kategori baik, meskipun masih terdapat 4 siswa yang belum tuntas secara individu. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Toogether (NHT) mengalami peningkatan dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 83,3?n rata-rata hasil belajar adalah 70,0%. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Learning tipe Numbered Heads Toogether (NHT), Hasil Belajar Pelajaran IPS |